Ads

Sabtu, 04 Maret 2023

KONJUNGSI DALAM BAHASA INGGRIS

 KONJUNGSI DALAM BAHASA INGGRIS


Konjungsi dalam bahasa Inggris adalah kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat. Konjungsi dapat digunakan untuk menyatakan hubungan antara kata atau kalimat dalam satu kalimat atau antara kalimat dalam satu teks. Berikut ini adalah beberapa jenis konjungsi dalam bahasa Inggris:

1.       Conjunctions of Addition: Digunakan untuk menyatakan penambahan atau penggabungan ide atau informasi. Contohnya: and, as well as, also, besides, furthermore.

2.       Conjunctions of Contrast: Digunakan untuk menyatakan perbedaan atau kontras antara dua ide atau informasi. Contohnya: but, however, although, even though, in spite of, nevertheless.

3.       Conjunctions of Time: Digunakan untuk menyatakan urutan atau waktu dari kejadian dalam kalimat atau cerita. Contohnya: after, before, when, while, as soon as, until.

4.       Conjunctions of Cause and Effect: Digunakan untuk menyatakan sebab-akibat atau hubungan penyebab-dampak antara dua ide atau informasi. Contohnya: because, since, as a result, therefore, so, hence.

5.       Conjunctions of Condition: Digunakan untuk menyatakan kondisi atau situasi tertentu yang harus terpenuhi agar suatu peristiwa terjadi. Contohnya: if, unless, provided that, as long as.

6.       Conjunctions of Purpose: Digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan dari suatu peristiwa atau tindakan. Contohnya: in order to, so that, for the purpose of, with the intention of.

7.       Conjunctions of Comparison: Digunakan untuk membandingkan dua hal atau ide. Contohnya: as, than, just as, similarly.

8.       Conjunctions of Concession: Digunakan untuk menyatakan pengakuan atau pengurangan terhadap suatu ide atau tindakan. Contohnya: although, even though, despite, in spite of, regardless.

9.       Conjunctions of Alternatives atau yang juga disebut Coordinating Conjunctions of Alternatives adalah jenis konjungsi yang digunakan untuk menyatakan pilihan antara dua atau lebih alternatif. Contoh kata yang termasuk dalam jenis konjungsi ini antara lain: either...or, neither...nor, atau or.

10.   Conjunctions of Emphasis adalah jenis konjungsi yang digunakan untuk menekankan pada satu ide atau pernyataan di dalam suatu kalimat. Konjungsi jenis ini menggabungkan dua kalimat dengan penekanan yang sama pada kedua kalimat. Contoh kata yang termasuk dalam jenis konjungsi ini antara lain: not only...but also, neither...nor, either...or.

 

Ingatlah bahwa konjungsi dapat memiliki lebih dari satu fungsi tergantung pada cara mereka digunakan dalam kalimat. Pelajari penggunaan dan fungsi masing-masing konjungsi dengan baik untuk menguasai tata bahasa bahasa Inggris dengan baik.

 

Berikut adalah contoh kalimat menggunakan berbagai jenis konjungsi beserta artinya dalam Bahasa Indonesia:

1.       Conjunctions of Addition:

·         I have a cat and a dog. (Saya memiliki seekor kucing dan seekor anjing.)

·         I finished my homework, and I went to bed. (Saya menyelesaikan PR saya, dan kemudian pergi tidur.)

·         She is smart, as well as beautiful. (Dia pintar, dan juga cantik.)

2.       Conjunctions of Contrast:

·         He wants to go to the beach, but he doesn't want to get a sunburn. (Dia ingin pergi ke pantai, tetapi tidak ingin terbakar matahari.)

·         I studied hard for the test; however, I still failed. (Saya belajar keras untuk ujian, namun tetap gagal.)

·         Although he was tired, he stayed up late to finish the project. (Meskipun dia lelah, dia tetap begadang untuk menyelesaikan proyek.)

3.       Conjunctions of Time:

·         After I eat breakfast, I will go to work. (Setelah sarapan, saya akan pergi kerja.)

·         I finished the book before the movie was released. (Saya menyelesaikan buku sebelum filmnya dirilis.)

·         While he was watching TV, his mom called. (Ketika dia sedang menonton TV, ibunya menelepon.)

4.       Conjunctions of Cause and Effect:

·         I missed the bus, so I was late for work. (Saya ketinggalan bus, sehingga terlambat ke kantor.)

·         Since it was raining, we stayed inside. (Karena hujan, kami tetap berada di dalam.)

·         As a result of the pandemic, many businesses closed down. (Akibat dari pandemi, banyak bisnis gulung tikar.)

5.       Conjunctions of Condition:

·         If I have time, I will go to the gym. (Jika saya memiliki waktu, saya akan pergi ke gym.)

·         Unless you study, you will fail the test. (Jika kamu tidak belajar, kamu akan gagal ujian.)

·         Provided that you finish your work, you can leave early. (Asalkan kamu menyelesaikan pekerjaanmu, kamu bisa pulang lebih awal.)

6.       Conjunctions of Purpose:

·         I bought a new suit for the job interview, in order to impress the interviewer. (Saya membeli baju jas baru untuk wawancara kerja, agar bisa memberikan kesan yang baik pada pewawancara.)

·         I turned off the music so that I could concentrate on my studies. (Saya mematikan musik agar bisa fokus pada belajar.)

·         With the intention of traveling the world, he saved up a lot of money. (Dengan maksud untuk menjelajahi dunia, dia menabung banyak uang.)

7.       Conjunctions of Comparison:

·         This hotel is as expensive as the one next door. (Hotel ini sama mahalnya dengan hotel sebelah.)

·         She runs faster than her brother. (Dia lari lebih cepat daripada adiknya.)

·         Just as I was about to leave, my phone rang. (Saat saya hampir pergi, ponsel saya berdering.)

8.       Conjunctions of Concession:

·         Although she is a vegetarian, she still cooks meat for her family. (Meskipun dia seorang vegetarian, dia tetap memasak daging untuk keluarga.)

·         Despite the rain, the children still played outside. (Meskipun hujan, anak-anak tetap bermain di luar.)

·         Even though she was tired, she continued working. (Meskipun dia lelah, dia tetap bekerja.)

9.       Conjunctions of Alternatives:

·         You can either have ice cream or cake for dessert. (Kamu bisa memilih es krim atau kue untuk hidangan penutup.)

·         He will either take the bus or ride his bike to work. (Dia akan naik bus atau mengendarai sepedanya ke kantor.)

·         We can go to the beach or the park, whichever you prefer. (Kita bisa pergi ke pantai atau ke taman, yang mana yang kamu sukai.)

10.   Conjunctions of Emphasis:

·         He not only studies hard, but he also participates in extracurricular activities. (Dia tidak hanya belajar keras, tetapi juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.)

·         She is not just beautiful, but she is also kind-hearted. (Dia tidak hanya cantik, tetapi juga berhati baik.)

·         The concert was not only entertaining, but it was also educational. (Konser itu tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik.)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar